APPSI Kota Bengkulu Gelar Musyawara Daerah Luar Biasa

Bengkulu Metro Update– Koordinasi Terputus, APPSI Kota Bengkulu Gelar Musyawara Daerah Luar Biasa
Koordinasi Terputus, APPSI Kota Bengkulu Gelar Musyawara Daerah Luar Biasa

Bengkulu Metro Update Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Bengkulu, Sabtu Malam (18/3) menggelar musyawarah luar biasa’, di Rumah Makan Nyantai Kota Bengkulu. Pengurus DPW APPSI Provinsi Bengkulu, Marwandi, ST didampingi Samiaji menjelaskan latar belakang digelarnya Musdalub menjawab permasalahan ditingkat DPD APPSI Kota Bengkulu dalam hal hubungan pengurus dan pedagang dalam hal Komisariat dibawah DPD, aspirasinya tidak didengar atau tidak diperhatikan.

Sehingga komunikasi terputus dan menimbulkan situasi yang tidak harmonis. Seharusnya aspirasi yang disampaikan pedagang yang tergabung dalam Komisariat_Komisariat di pasar.

Bisa disampaikan pengurus DPD ke DPW atau DPP, namun kenyataannya komunikasi terputus dan pedagang terbiarkan.Kalau DPD berkomunikasi bisa difasilitasi ke DPW atau DPP.

“Terputusnya komunikasi menjadi kendala dan membuat pedagang mengambil sikap, atas usulan dan sesuai AD/ART Pasal 21, maka suatu keharusan menggelar Munaslub. Atas rekomendasi DPW ke DPP dengan alasan DPD APPSI Kota Bengkulu dinilai tidak mampu. Lanjutnya, pedagang sebagai penggerak ekonomi harusnya bersinergi dengan Pemerintah untuk membuat regulasi kebijakan.Apalagi selama ini UU tentang Pasar belum ada.

Bahkan Raperda tentang pasar di Kota Bengkulu baru terbit dua tahun lalu. Kenyataan persaingan pasar tradisional dengan pasar moderen semacam mall, pasar online sangat memukul pedagang tradisional karena tidak sebanding.Pemerintah Kabupaten/Kota seharusnya ada sikap karena pasar sebagai pelaku dan penggerak ekonomi. Diakui Marwandi, pernah suatu waktu pedagang boikot tidak berjualan. Hingga menyebabkan ekonomi lumpuh? Pedagang juga selalu disalahkan jika harga_harga mahal. Padahal pedagang hanya penyalur. Musdalub dilaksanakan untuk demisioner ketua dan pengurus DPD APPSI Kota Bengkulu.

Lewat Musdalub terpilih ketua baru,Sudarmaji dinilai mampu membangun hubungan yang harmonis dan berkomunikasi baik dengan komisariat dan pedagang pasar. Samiaji menegaskan jika pemerintah ingin membantu UMKM sebenarnya ada di pasar.sebab itu ia minta pemerintah melalui dinas pasar peduli dan memperhatikan pedagang pasar.

Penulis: Hasanah

Editor: Rina Juniati S.I.kom

Komentar