oleh

Bengkulu Mencekam,Banjir Hantam Jembatan dan Persawahaan

METRO UPDATE.CO.ID– BENGKULU--Hujan deras yang malanda wilayah Bengkulu sejak Jumat (26/4) siang hingga malam mengakibatkan sejumlah sungai meluap dan mengakibatkan banjir serta longsor di sejumlah titik yang membuat sejumlah jalur transportasi terputus baik antar-kabupaten maupun antar-provinsi untuk menghubungkan Bengkulu dengan Sumatera Selatan dan Bengkulu dengan Lampung.

“Banjir memang terjadi hampir di seluruh wilayah kabupaten dan kota, karena itu saya mengimbau seluruh jajaran untuk bertindak dan yang utama selamatkan jiwa rakyat,” kata Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Sabtu.

Ia menambahkan seluruh petugas sudah diturunkan dan disiagakan untuk membantu evakuasi warga dan menanggulangi dampak banjir dan longsor terutama di jalur vital yang digunakan masyarakat untuk bepergian.

Ia menyebutkan alat berat yang ada di Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat juga diturunkan ke lokasi longsor namun jumlahnya terbatas sehingga ia mengharapkan perusahaan perkebunan dan pertambangan dapat menurunkan bantuan alat berat ke titik bencana.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bengkulu, Rusdi Bakar mengatakan hingga saat ini belum ada laporan tentang korban jiwa yang jatuh akibat banjir dan longsor di daerah ini.

“Petugas kita sudah turun semua ke lapangan untuk mendata dampak dan sampai saat ini belum ada laporan tentang korban jiwa,” ujar dia.

Menurutnya hampir seluruh wilayah di 10 kabupaten dan kota di daerah ini terdampak banjir dan longsor namun terparah antara lain Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Kepahiang, Curup, Lebong dan Kota Bengkulu.

Di wilayah Kota Bengkulu terpantau banjir menggenangi sejumlah titik permukiman warga dimana lokasi terdampak paling parah adalah Kelurahan Bentiring, Tanjung Jaya, Rawa Makmur, dan Tanjung Agung.

Sementara di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah banjir merendam wilayah Desa Talang Empat, Desa Genting dan longsor di sejumlah titik di ruas jalan Kota Bengkulu menuju Kepahiang. Begitu pula sejumlah ruas jalan dari Kota Bengkulu menuju Manna, Kabupaten Bengkulu Selatan, satu jembatan roboh akibat longsor. (ant)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed