oleh

BPS: Produksi beras hingga akhir tahun 32,42 juta ton, konsumsi 29,57 juta ton

METROUPDATE.CO.ID-JAKARTA – Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi produksi beras Indonesia hingga tiga bulan terakhir di 2018 sebesar 3,94 juta ton. Dengan adanya data ini, maka Indonesia secara keseluruhan memiliki potensi produksi beras sebesar 32,42 juta ton hingga akhir tahun.

Kepala BPS, Kecuk Suhariyanto mengatakan, produksi beras hingga September sebesar 28,47 juta ton. Ini merupakan angka terbaru dan valid sesuai dengan kajian metode penghitungan metode kerangka sampel area (KSA).

“Produksi beras hingga akhir tahun, perkiraan produksi beras sebesar 32,42 juta ton. Masing masing Oktober hingga Desember sebesar 1,52 juta ton, 1,20 juta ton dan 1,22 juta ton,” ujar Kecuk di Kantor BPS,Jakarta, Rabu (24/10).

Sementara itu, konsumsi beras Indonesia hingga Desember 2018 diperkirakan sekitar 29,57 juta ton. Angka ini lebih rendah jika dibandingkan dengan produksi beras Januari hingga Desember 2018.

“Dengan demikian, surplus produksi beras di Indonesia pada 2018 diperkirakan sebesar 2,85 juta ton,” jelas Kecuk.

Meskipun terdapat surplus, namun jumlah produksi ini bukan merupakan stok yang telah diserap oleh Badan Urusan Logistik (Bulog). Produksi ini masih ada di petani dan tidak bisa disebut sebagai beras cadangan nasional. “Ada surplus beras, tapi ini tersebar di petani,” tandas Kecuk. [idr]

(Sumber : merdeka.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed