oleh

Cuaca Buruk,Nelayan Malabero Bengkulu Nekat Melaut

-Headline-69 views

METRO UPDATE.CO.ID–BENGKULU-–Kondisi hujan lebat disertai dengan angin kencang yang melanda wilayahProvinsi Bengkulu, tidak menyurutkan nelayan tradisional Kelurahan Malabero Kecamatan Teluk Segara Kota Bengkulu untuk melaut.

“Hujan dan angin kencang di Bengkulu ini sudah selama empat bulan dan selama ini kami nekat untuk melaut,” kata salah satu nelayan tradisional Malabero, Zulkoto di Bengkulu, Kamis. 

Ia menambahkan bahwa selama satu bulan lebih dirinya dan nelayan lainnya harus pintar-pintar mencari waktu dan kesempatan untuk melaut. 

Ketika cuaca sedikit bagus walaupun hanya satu hingga dua jam, mereka langsung turun ke laut meskipun hasilnya kurang memuaskan. 

“Kami ada batas waktu saat melaut yaitu sekitar 8 jam, namun hanya dua jam waktu kami menjaring ikan,” ujarnya. 

Lanjut Zulkoto, meskipun hasil tangkapan ikan selama hujan badai sangat sedikit namun para nelayan harus tetap melaut guna memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Selama badai, para nelayan hanya mendapat ikan sekira 5 kilogram bahkan ada yang tidak dapat ikan sedangkan pada hari biasanya nelayan bisa menjaring ikan sekitar 15 hingga 20 kg. 

Karena itu para nelayan Malabero hanya berharap cuaca cepat kembali normal supaya bisa kembali melaut dan memenuhi kebutuhan keluarga. 

Saat ini para nelayan di sekitar pantai memanfaatkan waktu luangnya dengan memperbaiki peralatan melaut seperti menata jaring, kapal dan memperbaiki mesin.(Antbkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed