oleh

Dimuko muko,Angkat 68 Tenaga Promoter Kesehatan

METRO UPDATE.CO.ID–MUKO MUKO—-Gebrakan baru Didinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu segera mengangkat sebanyak 68 tenaga kesehatan kontrak di Puskesmas sebagai tenaga promoter kesehatan yang digaji dari dana bantuan operasional kesehatan tahun 2021.

“Tahapan pendaftarannya telah selesai, selanjutnya tinggal pelaksanaan seleksinya, yakni selesai tertulis dan wawancara,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Bustam Bustomo di Mukomuko.

Ia menyebutkan, sebanyak 225 orang yang berasal dari berbagai disiplin ilmu di bidang kesehatan yang telah mendaftarkan diri sebagai calon tenaga promoter kesehatan di daerah ini.

Ia mengatakan ratusan orang yang mendaftarkan diri sebagai calon tenaga promoter itu baik tenaga promoter yang sudah lama bekerja di Puskesmas maupun tenaga yang baru.

Ia menyebutkan, sejumlah bidang atau farmasi yang yang diterima menjadi tenaga promoter kesehatan di Puskesmas ini yakni gizi, kesehatan lingkungan, apoteker, dan epidomiologi.

“Kalau dulu tidak ada penerima tenaga promoter dari apoteker sekarang ada, kalau dulu ada pengelola keuangan kini tidak ada lagi tenaga promoter khusus bidang pengelolaan keuangan,” ujarnya.

Sedangkan tugas tenaga promoter kesehatan ini adalah membantu tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas daerah ini. Bagi tenaga promoter dari bidang gizi membantu program gizi di Puskesmas, mereka yang dari bidang kesehatan lingkungan membantu tugas kesehatan lingkungan.

Kemudian tenaga promoter kesehatan ini bertugas untuk mempromosikan dan memberikan penyuluhan tentang program kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing.

Selanjutnya, katanya, sebanyak 68 orang tenaga promoter kesehatan ini akan ditugaskan di 17 Puskesmas di daerah ini, atau empat tenaga promoter kesehatan per Puskesmas.

Terkait dengan dana untuk membayar gaji tenaga promoter kesehatan ini berasal dari dana lokasi khusus (DAK) non fisik dan mereka ini menerima gaji sebesar Rp1 juta per bulan.(ant/gus/ki)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed