oleh

DKP Prov. Bengkulu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

METROUPDATE.CO.ID-BENGKULU-: Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi saat ini, terus mendorong masyarakat dalam wilayah Provinsi Bengkulu, agar gemar makan ikan.

Dorongan yang diberikan pihak DKP Provinsi bersama Kabupaten dan Kota serta melibatkan Tim Penggerak PKK ini, Rabu, (24/10/2018) menggelar lomba masak serba ikan ke 11 tingkat Provinsi Bengkulu. Sekda Provinsi Bengkulu Nopian Andusti, disela-sela lomba masak serba ikan tingkat provinsi ke 11 tahun 2018 menyatakan, dengan gemar makan ikan akan memberikan dampak yang sangat baik untuk kesehatan, terutama dalam pertumbuhan otak bagi anak-anak maupun dewasa.

Oleh karena itu diharapkan, dengan gemarnya masyarakat memakan ikan, kualitas generasi penerus bangsa akan meningkat.

“Kita ketahui Provinsi Bengkulu sendiri kaya akan potensi sumber daya kelautan khususnya ikan yang membentang 525 kilometer dari Kabupaten Mukomuko hingga ke Kaur, diyakini sangat luar biasa, harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, dengan mendorong masyarakat agar selalu gemar makan ikan,” ujarnya. Selain itu dikatakan, cara lain pihaknya sudah meminta pihak DKP Provinsi agar setiap acara pemerintahan di lingkup Provinsi Bengkulu, agar menyajikan makanan berbahan baku ikan.

“Dengan berbagai langkah  itu, diharapkan tingkat konsumsi perkapita masyarakat makan ikan di Bengkulu, yang masih berada dibawah rata-rata nasional, kedepannya bisa meningkat,” harapnya.

Senada dengan itu, Pelaksana tugas (Plt) Kepala DKP Provinsi Ivan Syamsurizal menjelaskan, tingkat konsumsi masyarakat Bengkulu terhadap ikan saat ini baru 39,50 kilogram perkapita pertahun. Sedangkan nasional sudah 45 kilogram perkapita pertahun.Untuk itu pihaknya terus mendorong setiap masyarakat di Bengkulu, dimulai dari anak-anak bisa mengkonsumsi ikan setiap harinya, dengan berbagai macam bentuk produk jadinya.

 

“Dilihat dari segi potensi perikanan, Bengkulu yang berhadapan langsung dengan laut, agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya kedepan. Sehingga Bengkulu juga tidak perlu lagi mengimpor bahan baku dari luar, tetapi bisa mandiri. Kemudian upaya lain, ditambahkan, kita juga akan mendorong masyarakat agar tumbuhnya pelaku usaha produk perikanan di Bengkulu,” terangnya.

Sementara itu, dari lombak masak serba ikan kali ini yang juara 1 dan berhak mewakili Provinsi Bengkulu ketingkat nasional pada tanggal 6 Desember 2018 mendatang, perwakilan dari Kabupaten Mukomuko.(Gus)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed