oleh

DPRD Kota Bengkulu Setuju Buku KIR Diganti Jadi Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE)

METRO UPDATE.CO.ID – BENGKULU – Pemerintah Kota Bengkulu melalui Dinas Perhubungan akan mengeluarkan kartu uji kendaraan bermotor baru. Kartu uji baru tersebut dinamakan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLUE). Kartu ini direncanakan akan mengganti buku KIR yang sebelumnya digunakan secara manual.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi 2 dengan Dinas Perhubungan beberapa waktu, Kadis Perhubungan, Bardin mengatakan kebijakan ini merupakan tindak lanjut dan penyesuaian dari kebijakan pusat.(31/5/2021)

Dijelaskan Bardin, penggantian buku KIR manual ke BLUE akan berdampak positif karena akan meningkatkan PAD. Menurut Bardin, dari 9 Kabupaten Kota yang telah dinyatakan lulus seleksi penyelenggaraan uji kendaraan bermotor oleh Kementerian Perhubungan RI, hanya Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara saja yang boleh menyelenggarakan uji kendaraan menggunakan BLUE.

“Artinya kita bisa membidik daerah tetangga seperti Bengkulu Tengah, Kepahiang, Rejang Lebong bahkan sampai Kabupaten di Sumatera Selatan boleh uji kendaraan bermotor di Kota Bengkulu untuk mendapatkan BLUE ini. Dan itu masuk untuk PAD kita,” paparnya.

Untuk itu Bardin meminta dukungan Dewan agar dalam pembahasan Perubahan APBD nanti dapat menganggarkan program BLUE ini.

Sementara itu Ketua Komisi II Indra Sukma menyambut baik perubahan KIR manual ke BLUE. Ia meminta Dishub terlebih dahulu melakukan kajian akademis BLUE terutama dari sisi penyesuaian tarif. Karena perubahannya menyangkut tarif retribusi, maka Indra pun meminta Dishub untuk berkoordinasi dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah untuk membuat Rancangan Perda Penyesuaian Tarif Uji Kendaraan Bermotor dari KIR manual ke BLUE. (Yan/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed