Dugaan Pelanggaran Disiplin Oknum Kejari Kaur

METRO UPDATE.CO.ID – BENGKULU – Menindaklanjuti laporan pengaduan masyarakat yang masuk ke Kejati Bengkulu mengenai dugaan terjadinya pelanggaran disiplin oleh oknum Kejari Kaur, bidang pengawasan Kejati Bengkulu kemudian melakukan klarifikasi terhadap sejumlah pihak antara lain Sekda dan sejumlah organisasi perangkat daerah pemkab Kaur.

Klarifikasi yang dillakukan pemeriksa bidang pengawasan Kejati Bengkulu tersebut dilakukan bukan di Kejati maupun dikejari Kaur melainkan menggunakan salah satu ruangan di Kejari Bengkulu Selatan. Kasi penkum kejati Bengkulu Ristianti Andriani mengatakan pihaknya melakukan klarifikasi di Kejari Bengkulu Selatan karena letaknya berdekatan dengan Kabupaten Kaur.

” Ya memang benar sejak kemarin hingga hari ini, selasa (4/4/2023) tim pemeriksa bidang pengawasan Kejati Bengkulu melakukan klarifikasi terhadap sekda dan sejumlah OPD Pemkab Kaur terkait laporan pengaduan masyarakat mengenai dugaan pelanggaran disiplin yang diduga dilakukan oknum Kejari Kaur, namun untuk materi pengaduan laporan masyarakat tersebut belum dapat disampaikan lebih jauh karena masih dalam proses klarifikasi,” tegas Ristianti Andriani Kasi penkum Kejati Bengkulu.

Ristianti Andriani menambahkan klarifikasi tersebut dilakukan oleh tim pemeriksa bidang pengawasan kejati Bengkulu dilakukan secara profesional, transparan dan akuntabel dan bilamana laporan pengaduan masyarakat terbukti ada oknum jaksa yang melakukan perbuatan tercela maka pimpinan pasti akan bertindak tegas sesuai aturan yang berlaku.

Sebagaimana diketahui Jaksa Agung melalui Jaksa Agung Muda Bidang Pengawasan, Ali Mukartono menegaskan bahwa Kejaksaan Agung berkomitmen akan bertindak tegas kepada Jaksa nakal yang melakukan penyimpangan dan pelanggaran.

“Dua hal yang dititipkan Jaksa Agung, pertama beliau akan zero toleran terhadap pelanggaran-pelanggaran disiplin, tidak ada ampun apalagi pelanggaran-pelanggaran jaksa masuk ke Medsos,”tegas Ali Mukartono.

Ali melanjutkan bahwa Jaksa Agung tidak main-main dan akan melakukan tindakan tegas terhadap setiap pelanggaran yang dilakukan oleh Jaksa nakal.

“Saya tekankan kepada kawan-kawan daerah, beliau akan bertindak tegas, enggak ada ampun,” tambah Ali.

Bukan tidak alasan sikap tegas Jaksa Agung tersebut, Ali ungkapkan bahwa jangan sampai hanya ulah satu dua Jaksa yang nakal citra Kejaksaan menjadi rusak.

“Bertahun-tahun Jaksa Agung membawa perubahan wajah baru kejaksaan sebagai lembaga negara yang dipercaya masyarakat, jangan sampai karena ulah satu atau dua Jaksa nakal menjadi rusak semua,” Pungkasnya. (Agus T/Gus/Saidan)

Komentar