oleh

Elektabilitas Ustaz Abdul Somad Kalahkan Habib Rizieq dan Ketua DPR RI

-Headline-101 views

METRO UPDATE.CO.ID–JAKARTA-–Walaupun pemilihan Calon Presiden (Capres) masih jauh, survei elektabilitas Ustaz Abdul Somad kalahkan tokoh agama lainnya yakni Habib Rizieq Shihab.

Tak hanya itu, pendakwah kondang tanah air itu juga kalahkan elektabilitas Ketua DPR RI Puan Maharani.

Berdasarkan hasil survei yang dirilis oleh Parameter Politik Indonesia (PPI), waulaupun Ustaz Abdul Somad tak pernah mencicipi panggung politik sebagai pejabat pemerintahan, elektabilitasnya sanggup bertengger di atas pejabat sekelas Ketua DPR RI, yakni Puan Maharani

Adapun elektabilitas UAS sendiri berada di angka 1,6 persen, sedangkan Habib Rizieq 0,8 persen dan Puan Maharani 0,7 persen.

Artinya nama Habib Rizieq sendiri elektabilitasnya masih berada di atas Puan walaupun hanya berbeda tipis.

Sebagaimana diketahui tokoh publik dengan elektabilitas Capres tertinggi saat ini ialah Prabowo Subianto dengan angka elektabilitas mencapai 19,9 persen

Kemudian di urutan kedua ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan torehan 11,9 persen.

Tak jauh dari Anies, ada rekan satu profesinya sesama Gubernur yakni Ganjar Pranowo dengan elektabilitas 11,3 persen.

Disusul pula oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,1 persen, Menteri Sosial Tri Rismaharini 4 persen, dan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,8 persen.

Di sisi lain PPI juga merilis hasil survei elektabilitas partai jika pemilu dilaksanakan. PDIP berpotensi meraih angka hingga 25,1 persen suara, jauh mengungguli partai lainnya.

Selanjutnya, di urutan kedua ada Golkar dengan elektabilitas 11,2 persen. Di susul Gerindra dengan 10,9 persen, PKB 8,0 persen, Demokrat 6,0 persen, PKS 5,8 persen, NasDem 5,4 persen, PAN 5,1 persen, dan PPP 4,3 persen.

“PDIP sementara masih menjadi partai dengan elektabilitas tertinggi 25,1 persen,” dikutip dikutip dari Hops.id media jaringan Suarabogor.id, Selasa (23/2/2021).

Sekadar informasi, survei ini sendiri dilakukan dengan melibatkan 1.200 responden di berbagai wilayah Indonesia.

Responden dipilih dengan metode simple random sampling dari 6.000 data target yang pernah diwawancara tatap muka pada September 2017-Desember 2020.

Margin of error survei sebesar 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei terbaru PPI ini dilaksanakan pada rentan waktu 3 hingga 8 Februari 2021 dengan menggunakan kuosiner via telepon (telepolling).(subog)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed