Hadapi EL NINO, Bulog Pastikan Stok Beras Tersedia Cukup Di Provinsi Bengkulu

METRO UPDATE.CO.ID – BENGKULU – Menghadapi EL NINO di Provinsi Bengkulu Perum Bulog Kanwil Bengkulu menjamin stok beras cukup tersedia hingga 4 bulan kedepan. Stok beras yang ada di gudang perum bulog Se- Provinsi Bengkulu sebanyak 9000 ton beras yang berada di Gudang Bulog Kabupaten Lebong, Kabupaten Bengkulu Utara dan di Gudang Bulog Bengkulu.


Hal ini di katakan kepala Perum Bulog Kanwil Bengkulu Bakhtiar AS pada saat sidak stok beras di Gudang Bulog Provinsi Bengkulu lokasi kilometer 8 kota Bengkulu, Kamis, 7 September 2023.


Menurut Bakhtiar, Senin mendatang pihaknya bersama Gubernur Bengkulu akan meluncurkan program beras bansos serentak se Indonesia bersama Presiden dengan pemberian beras bansos perbulan sebanyak 10 kilogram per KK yang taraf ekonomi keluarganya diatas rata akan menerima bantuan beras bansos dari Pemerintah pusat melalui perum bulog Kanwil Bengkulu.


“Stok beras untuk program bansos perbulan sebanyak 1600 ton kali 3 bulan 4.800 ton beras premium begitu juga dengan program stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) ada atau tersedia di pasar-pasar tradisional di Provinsi Bengkulu.


Harga Pasar dengan SPHP (operasi pasar) dan memastikan beras SPHP tersedia di pasar-pasar tradisional termasuk di wilayah Provinsi Bengkulu,” kata Kepala perum Bulog Wilayah Bengkulu Bakhtiar.

Gerakan SIGAP SPHP itu, kata dia, sesuai Instruksi Direktur Utama Perum BULOG Bapak Budi Waseso dan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia mulai 28 Agustus 2023.


Dalam gerakan itu, lanjut dia, dipastikan beras SPHP akan “membanjiri” pasar-pasar di seluruh daerah melalui pedagang pengecer dan tersedia di ritel-ritel modern.


“Penyaluran beras SPHP yang sudah berjalan mulai awal tahun akan dimasifkan melalui para pedagang pengecer, untuk itu kami perlu lihat langsung dan memastikan program ini berjalan tepat sasaran” kata dia.


Bakhtiar AS juga menegaskan dari awal tahun hingga 7 September 2023, Bulog Kanwil Bengkulu sudah menggelontorkan lebih dari 10.500 ton beras SPHP di seluruh wilayah Provinsi Bengkulu.(Gus)

Komentar