oleh

Ihsan Fajri dari PDIP Pimpin Dewan Sementara.

METRO UPDATE.CO.ID—BENGKULU—–Ihsan Fajri dari PDIP serta Samsu Amanah dari Partai Golkar akan menjadi pimpinan sementara lembaga legislatif tingkat I tersebut. Hal ini seperti diungkapkan oleh Plt Sekwan Provinsi Bengkulu, Syaiful SH. Dimana Partai Golkar telah menyampaikan usulan nama, yaitu Samsu Amanah sebagai salah satu pimpinan DPRD Provinsi nanti. “Kalau dari Partai Golkar itu sudah menyampaikan satu nama, yaitu Samsu Amanah sebagai unsur pimpinan sementara DPRD Provinsi. Sedangkan dari PDIP kita masih menunggu. Sebab yang akan menjadi pimpinan sementara DPRD nanti hanya dua orang Ketua dan Wakil Ketua. Dimana penetapan Ketua serta Wakil Ketua itu berdasarkan Partai Politik peraih suara terbanyak,” kata Plt Sekwan kepada jurnalis,

Adapun dari anggota Fraksi PDIP Provinsi yang juga Wakil Ketua DPD PDIP, Srie Rejeki SH, terkait siapa calon unsur pimpinan Ketua DPRD Provinsi dari PDIP, dia membeberkan bahwa kemungkinan besar yang akan menjadi pimpinan tersebut adalah Ihsan Fajri.

“Kemarin beliau kalau tidak salah sudah mengikuti fit and proper test di DPP. Kemudian dalam penetapan untuk unsur pimpinan DPRD itu, kami dari DPP PDIP ada mekanisme dan kriteria tersendiri. Pertama, suara terbanyak. Kemudian kedua, struktur pengurus di partai. Lalu, periodesasi lama tidaknya menjadi anggota partai. Dan yang tidak kalah penting, syaratnya untuk pimpinan DPRD Provinsi ini, adalah kader yang sudah pernah duduk di DPRD Provinsi sebelumnya. Meskipun ada peraih suara terbanyak, kalau dia belum berpengalaman duduk di DPRD Provinsi, maka yang lebih berpengalaman akan ditunjuk oleh partai. Sebelumnya ada tiga nama yang diusulkan ke DPP. Yaitu Andaru, Ihsan Fajri dan Edwar Samsi. Tapi kalau secara kriteria syarat yang ditetapkan, Ihsan Fajri lebih berpeluang,” kata Srie.

Sebelumnya dari Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Bengkulu, Dr H. Rohidin Mersyah, dia menegaskan bahwa untuk unsur pimpinan DPRD Provinsi dari Partai Golkar adalah Samsu Amanah. “Sudah kita sampaikan ke DPRD bahwa untuk pimpinan DPRD dari Partai Golkar adalah Samsu Amanah,” tegas Rohidin.

Untuk diketahui, dari hasil perolehan suara dalam Pileg tahun 2019 ini, Partai Golkar dan PDIP sama-sama berhasil meraih tujuh kursi DPRD Provinsi. Namun secara perolehan suara Golkar masih kalah banyak dibanding PDIP. (ADV/GUS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed