oleh

Kejari Kota Bengkulu Emilwan Musnahkan Barang Bukti

METRO UPDATE.CO.ID.BENGKULU-—Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkulu, Selasa (25/6) telah memusnahkan barang bukti. Barang bukti yang dibakar itu berupa ganja 64,7044 gram, sabu 123,3477 gram, senjata tajam 14 unit, timbangan 6 unit, handphone 42 unit, senjata api 1 pucuk. Serta alat-alat kosmetik 280 pcs dan kunci T sebanyak 4 unit.

Untuk barang bukti narkotika nilainya lebih dari Rp 200 juta. Seluruh barang bukti yang dimusnahkan itu berasal dari 80 perkara yang ditangani Polda dan Polres Bengkulu. Pemusnahan barang bukti dipimpin Kajari Bengkulu, Emilwan Ridwan, SH, MH. Serta disaksikan perwakilan PN Bengkulu, Kasat Reskrim Polres Bengkulu, perwakilan dari Kemenkumham dan BNN Kota Bengkulu.

“Pemusnahan barang bukti ini terkait dengan perkara tindak pidana umum dan narkotika. Kegiatan pemusnahan ini memang merupakan agenda rutin Kejari kota Bengkulu. Kalau aturan mainnya memang setiap perkara yang sudah diputus inkrach dalam waktu 7 hari sudah bisa dilaksanakan pemusnahan. Tapi tidak mungkin satu persatu kita musnahkan,” ujar Kajari Emilwan ramah

Dikatakan Emilwan, tujuan pemusnahan barang bukti selain untuk melaksanakan putusan, juga sebagai upaya kejaksaan untuk pemberantasan barang bukti tidak kriminal, terutama narkotika. untuk barang bukti narkotika jenis sabu dimusnahkan dengan cara diblender setelah dicampur dengan serbuk detergen. Sedangkan barang bukti ganja dan obat-obatan dan kosmetik ilegal dimusnahkan dengan cara dibakar. Selanjutnya barang bukti berupa senjata tajam dipotong-potong menggunakan gerinda dan barang bukti handphone dihancurkan dengan cara ditumbuk menggunakan palu dan besi.(Gus/Zai/ADV)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed