oleh

KPU digelar Rapat Pleno tingkat Provinsi Bengkulu

METRO UPDATE.CO.ID.–BENGKULU—Dengan telah usainya pelaksanaan Pleno Rekapitulasi Perolehan suara tingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupatendan Kota se-Provinsi Bengkulu, mulai Rabu, (8/5/2019) besok akan digelar Rapat Pleno tingkat Provinsi.

Untuk Pleno sendiri, pihak KPU Provinsi Bengkulu telah mengangendakan selama 3 hari mendatang.

“Pleno tingkat kabupaten/kota sudah dilaksanakan, kemudian tahap selanjutnya, kita akan Pleno tingkat provinsi yang dimulai tanggal 8, 9 dan 10 Mei. Kita agendakan tiga hari,” ungkap Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra, kepada jurnalis di Bengkulu.

Diakui, dari tahap pleno tingkat kabupaten/kota, memang ada beberapa kendala,karena karena banyaknya dokumen yang harus dilakukan rekap, sehingga waktunya sedikit lebih lama, tapi sudah dinyatakan selesai.

“Memang dokumennya banyak dan dilakukan secara teliti dan hati-hati, jangan sampai ada yang dirugikan serta kekeliruan.Kemudian terkait data-data statistik, data-data pemilih, selain data perolehan suara, data yang menyangkut pemilih itu yang masih harus dibenahi, sebab kebanyakan di tingkat TPS hanya fokus untuk melakukan pengisian perolehan suara saja, khususnya suara Caleg, sedangkan data tentang pemilih kadang-kadang tidak rapi pengelompokan, DPT, DPTb, DPK, itu yang kurang rapi. Itu yang membuat lama,” terangnya, Selasa, (7/5/2019).

Dijelaskan, dengan akan dilaksanakannya tahap Pleno rekapitulasi tingkat provinsi, dimana nanti pihaknya akan melakukan Pleno rekapitulasi dari seluruh KPU kabupaten/kota yang direncanakan di salah satu hotel di Bengkulu, dan diharapkan bisa berjalan baik dan lancer.

“Harapan kita pleno bisa berjalan lancar, karena di provinsi pada dasarnya hanya melakukan rekapitulasi dari tingkat kabupaten. Untuk para saksi peserta Pemilu diharapkan dapat hadir, dimana masing-masing peserta bisa memandatkan empat nama,dimana dua orang yang masuk ruangan bisa bergantian. Lalu diminta saksi yang diutus, memahami proses pleno tingkat kabupaten/kota, agar tidak ada persoalan dan Pleno bisa berjalan lancar,” tukasnya. (rep/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed