oleh

Membaca Peluang H.Rosjhonsyah Saili Sebagai Calon Gubernur Bengkulu?

METRO UPDATE.CO.ID- BENGKULU – -Atmosfer Politik dibumi Raflesia Propinsi Bengkulu akhir-akhir ini mulai terasa panas dan sesekali mengeluarkan curahan larva panas ibarat gunung yang meletus. Tidak tanggung-tanggung sejumlah tokoh sudah muncul untuk bertarung menjadi Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu pada tahun 2020 mendatang dikarenakan  pada bulan September mendatang sudah masuk tahapan pemilihan

Nuansa dan aroma pecintraan dan bau-bau sosialisasipun sudah terlihat jelas dengan cara dan metode yang berbeda-beda, ada dengan memasang baliho, spanduk dan membuat acara-acara untuk mengambil simpati dan empati masyarakat Provinsi Bengkulu. Tidak hanya sampai disana, manuver-manuver politik untuk saling serang dengan cara dinginpun sudah terjadi dan bahkan  menjatuhkan lawan politiknya baik secara eksplisit maupun secara inplisit sudah mulai bergentanyangan.

Begitulah adanya kalau kontes politik sudah dimulai, genderang perang selalu ditabuh dengan gerakan pembusukkan dan menggiring opini guna melumpuhkan lawan sebelum bertempur. Ya, begitulah politik jalan pintas dianggap pantas bagi mereka yang tidak menerapkan etika politik yang santun.

Dari sekian banyak Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur yang akan tampil pada pemilihan Gubernur Bengkulu tahun 2020 mendatang, sosok Bupati Lebong H Rosjhonsyah Saili cukup menjadi perhatian masyarakat Provinsi Bengkulu. Sebab pria yang pernah mejadi anggota DPRD Lebong Dan Pengusaha Walet ini secara tiba-tiba masuk dalam sorotan masyarakat Provinsi Bengkulu karena ia dikabarkan akan  dijagokan Dari partai PDI.P Dan saat ini tengah menyusun dan menyelesaikan Gelar Dokter diluar Negeri dengan spesifikasi tentang mendalami usaha dan mengelola gula Aren dan dipastikan akan maju pada perhelatan Pilkada  serentak Provinsi Bengkulu 2020 mendatang,dan saat ini lebong aka ada ICONT yang bisa dibangakan Rosjhonsyah Saili,Membagun Pasar Modern Ex Pasar Muara Aman.yang setrukturnya Menyerupai Mall Yang Ada dikota Besar,dan akan Menjadi Kebangaan Masyrakat lebong Nantinya.Apa lagi Proyek Tersebut Dikerjakan Konraktor yang Berpengalaman dibidangnya,berasal dari luar Daerah Provinsi Bengkulu.semoga?  

Hal itu dapat dipastikan karena H.Rosjhonsyah Saili yang notabene kader Partai PDI.P Info Teranyar sudah dapat tiket dari Ketua Umum DPP Partai PDI.P Mega Wati Sukarno Putri untuk maju menggunakan perahu PDI.P dalam Pilkada Provinsi Bengkulu. Dan kabar diperolehnya perahu PDI.P tersebut sempat Tercetus oleh Sekjen PDI.P kristanto dalam Rakernas Tertutup Beberapa Hari lalu,saat Tim Metro update Menjumpai beliau, Sebelum nama rosjhonsyah muncul, banyak tokoh yang digadang-gadang berpasangan dengan Rosjhonsyah Saili yang saat ini notabennya sebagai Bupati Lebong diantaranya nama yang sempat disebut akan Mendampingi Beliau adalah Sekda Seluma Irihadi,Suptratman kapolda Bengkulu sekarang,dan muncul juga nama Herman Malik Dari Kaur,serta Muktar Pengusaha Sukses dijakarta yang asalnya sebagai Putra asli Bengkulu selatan, namun sepertinya teka-teki atau spekulasi tentang siapa pendamping H.Rosjhonsyah Saili hampir terjawab.

Kemudian sepertinya isu tersebut bukan hanya isapan jempol belaka, baru-baru ini Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristianto mengatakan,Bupati Lebong  Rosjhonsyah Saili memiliki peluang besar maju pada Pemilihan Gubernur Provinsi Bengkulu 2020 didukung warga Provinsi Bengkulu

“Pa Rosjhonsyah hanya bisa menjadi calon atas kehendak masyarakat Provinsi Bengkulu,” kata Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta,senin (17/6). Dalam kalkulasi politik isu tentang Rosjhonsyah Saili yang akan maju sebagai Gubernur dalam pemilihan Gubernur Bengkulu sudah hampir pasti, namun hal tersebut bisa saja berubah karena dalam politik tidak ada yang pasti. 

Namun, kalau ternyata Rosjhonyah berpasangan dengan Irihadi sekda Seluma sekarang maka peluang untuk menang masih cukup kuat,karna irihadi sangat berpengaruh sebagai pejabat daerah dan putra semaku(seluma manak,kaur-red) sebab kekuatan Rosjhonsyah akan mengalahkan petahana  Rohidin Mersyah,membuat sosok Irihadi punya kendali besar untuk memuluskan langkahnya menuju kursi Gubernur  dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu tahun 2020 Mendatang. Ditambah lagi  seandainya irihadi jadi pendamping Rosjhonsyah seorang sekda seluma yang tentu mempunyai basis masa dan pengaruh yang kuat, di semaku sangat populer karena pengalamannya yang menjadi pejabat sekda dua periode mulai dan saat murman effendi menjabat bupati irihadi sudah menjadi kepala DPPKAD seluma saat itu

Ditambah lagi Irihadi adalah representatif orang selatan dan Rosjhonsyah adalah representatif orang Rejang dan Suku Pekal. Nah, isu Provinsi Bengkulu selatan dan Rejang ini memang sangat ampuh dan seksi untuk dimainkan, hal tersebut terbukti dengan naikknya H.Ridwan Mukti mewakili suku Rejang dan Rohidin Mersyah mewakili suku selatan saat itu Ridwan Mukti sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Rohidin Mersyah akrab dikenal dengan nama Duo RM pada tahun 2015 yang lalu.

Sebagai orang yang lahir ditanah Rajo Pat Petulai Rosjhonsyah, bisa meraup suara yang signifikan dibeberapa kabupaten seperti lebong,Rejang Lebong,Kepahiang,Benteng,Bengkulu Utara,dan Muko muko dan wilayah lainnya. Irihadi yang notabene orang Selatan Asli tentu mampu mengendalikan suara masyarakat Seluma,manak,Kaur lainnya. Pertanyaannya adalah apakah sejarah mungkin terulang kembali?, jawabannya ada pada masyarakat Provinsi Bengkulu

Nah, yang menjadi ancaman bagi Rosjhonsyah Saili munculnya nama mantan anak gubernur Sumatera selatan Alek Nordin yang saat ini menjabat Bupati serta Berminat maju pada pilgub Provinsi Bengkulu Mendatang serta nama nama lainya seperti bupati Benteng Ferry Ramli.dan sudirmain Ail,dan lainya seperti ferry ramli adalah kader Nasdem. Bupati Kabupaten Benteng dua periode ini adalah sosok tokoh Rejang juga yang sangat lincah dan sepuh di dunia politik. H. Fery Ramli dikabarkan telah diusung sebagai Calon Gubernur oleh Nasdem 

Dengan majunya Fery Ramli seandainya nanti ini cukup mengancam basis suara Rosjhonsyah Sali maka suara Rejang akan Terpecah

Kalau terjadi, ini sangat dilematis Apapun sikapnya, hitung-hitungan politik tentu ada untung dan ruginya, itu semua adalah pilihan. 

Pertarungan pilgub kali ini di 2020  ini adalah calon yang menjual ketokohan bukan hanya mengandalkan kekuatan partai saja.

Namun demikian, selain dari Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur diatas, masih ada nama-nama lain yang berpeluang untuk mencalonkan diri sebagai Calon Gubernur maupun sebagai Calon Wakil Gubernur. 

Namun, kepastian tentang Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang diusung partai politik tersebut belum bisa dipastikan karena masih tahap lobi-lobi, pemetaan dan membaca peluang yang ada.

Bagi penulis, siapapun yang terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Bengkulu yang akan datang, diharapkan mampu memimpin Provinsi Bengkulu yang lebih baik dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan, memberantas kemiskinan serta mampu meningkatan Sumber Daya Manusia. Pemimpin Provinsi Bengkulu kedepan harus mampu mengelola sumber daya alam yang ada untuk kepentingan masyarakat Provinsi Bengkulu, membangun infrastruktur yang berguna bagi masyarakat Provinsi Bengkulu dan bukan untuk segelintiran orang atau kelompok saja.

Penulis adalah : Alva Tomi  Pemimpin Redaksi Metro Update Dan Metro Tubei.com  (AT, Berjuang Untuk Rakyat)

(Masyarakat Provinsi Bengkulu)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed