oleh

Musim Durian Membanjiri Kota Bengkulu,Jakarta Masih langka Durian

-Headline-15 views

VITER :Durian dijakarta masih selangit Harganya peluang Bisnis Duren Bengkulu bawa ke jakarta sangat mengiurkan buat Penghasilan tambahan

METRO UPDATE.CO.ID—BENGKULU—Musim durian kembali membanjiri sejumlah wilayah di propinsi Bengkulu, kali ini durian yang sedang mudah ditemukan berasal dari wilayah  Rejang Lebong, khususnya kecamatan Padang Ulak Tanding dan kota Padang.

Dikawasan Sawah Lebar, depan gedung Balai Buntar km 6,5 hingga seputar pasar Panorama pedagang buah durian menjamur. Menjajakan durian dengan harga yang bervariasi mulai dari 10 ribu Rupiah hingga 50 ribu Rupiah perbuah.

Salah seorang pedagang Hamzah mengatakan, musim durian di Bengkulu belum merata, bila sudah memasuki masa panen hampir semua wilayah panen durian serentak, bahkan tahun lalu musim durian mencapai 5 bulan padahal normal waktu musim durian hanya 3 bulan.

“Karena durian banyak masyarakat yang tadinya menganggur bisa berjualan, kamikan mengambil dari pengepul, kadang kadang cari sendiri ke lokasi kebun duren” Ungkap Hamzah

Sayangnya hingga kini ungkap Hamzah Bengkulu tidak ada satu lokasi yang menjadi sentra buah, apalagi buah durian. Bila diberdayakan Bengkulu bisa seperti sejumlah wilayah di Indonesia yang memiliki pasar buah, bahkan terdapat pasar khusus durian. Adanya pasar khusus tentu nantinya akan menjadi destinasi wisata bagi masyarakat.

Sementara itu salah seorang pembeli Hendra mengatakan walaupun kota Bengkulu tidak ada kebun durian nyaris seluruh jenis durian di propinsi Bengkulu ada di kota Bengkulu, bahkan durian asal Lintang dan Pagar Alam Sumatera Selatan dijual hingga ke Bengkulu.

Mengingat durian adalah buah musiman, ia mengatakan perlu upaya agar buah durian bisa dikelola menjadi bentuk yang lebih bervariatif sehingga tahan lama.

“Durian ini bagusnya diolah biar awet, karena kalau panen serentak jadi sayang kalo cuma dimakan begitu saja” ucapnya.

Diketahui durian di Bengkulu telah diolah menjadi beragam bentuk olahan, seperti dodol durian atau lempuk durian dan juga tempoyak kemasan. Beberapa jenis durian Bengkulu juga dijual hingga ke Jakarta, Palembang dan sejumlah kota di pulau Jawa.(rri)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed