oleh

Pemprov Bengkulu, Bebaskan Lahan SPAM Regional KOBEMA di Kab. Seluma 

METRO UPDATE.CO.ID – BENGKULU – Proyek strategis nasional Spam Kobema di Provinsi Bengkulu mulai dilakukan pembebasan lahan. Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Seluma diwakili Kabid Fisik dan Prasarana Jimmy Ariaferta ST, MT, M.Sc didampingi Kasubbid Pengembangan Wilayah dan Kawasan Omi Haryadi S.P dan 2 orang staf Aprilla Prima Sari, S.T dan Riza Primaza, S.T menghadiri acara serah terima lahan milik pemerintah Desa Bukit Peninjauan II Kecamatan Sukaraja yang diserahkan untuk lokasi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional kepada Pemerintah Provinsi Bengkulu, Senin 6 Juni 2022 di Desa BP II Kecamatan Sukaraja.

Serah terima ini dilakukan Kepala Desa BP II Tatik Winarti, M.Pd kepada Plt. Kadis PUPR Provinsi Bengkulu Tejo Suroso, S.T., M.Si. dihadiri Camat Sukaraja Drs. Ramlan Efendi dan jajaran serta perangkat desa BP II.

SPAM Kobema merupakan sistem penyediaan air minum yang dikelola secara bersama antara Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan kabupaten Seluma. Dengan memanfaatkan buangan air dari PLTA Musi yang debitnya sangat besar, yaitu sekitar 79,7 m3/detik diharapkan ketersediaan air minum bagi ketiga daerah tersebut dapat terpenuhi

Kabid Fisik dan Prasarana Jimmy Ariaferta mengatakan bahwa Kabupaten Seluma merupakan salah satu Kabupaten yang mendapatkan program ini khususnya di 2 (dua) kecamatan yaitu Sukaraja dan Air Periukan.

“Lahan tersebut direncanakan menjadi lokasi offtake atau instalasi meteran air sistem penyediaan air minum regional Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Seluma (SPAM Regional Kobema),” ujarnya.

Jimmy juga menyampaikan partisipasi aktif Kabupaten Seluma dalam skema SPAM regional ini diharapkan dapat memicu program lainnya terutama dari pusat dan Provinsi Bengkulu untuk dapat dikucurkan di Kabupaten Seluma.(Gus)

Komentar