Pemprov Hadir Beri Bantuan Masyarakat Terkena Musibah Kebakaran

METRO UPDATE Bengkulu – Sejumlah bantuan disalurkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah untuk korban Kebakaran di 2 tempat kejadian yaitu Perumahan Pepabri, Lingkar Barat, kejadian pada waktu subuh, Minggu (23/6) dan jalan Hibrida 13, Padat Karya, kejadian pada waktu dini hari, Kamis (27/6).

Hadirnya bantuan ini disambut baik masyarakat, Supriono (61) (merupakan kakak kandung korban kebakaran) mengungkapkan seluruh bantuan yang diterima tentu akan dimanfaatkan dengan baik. Sebab, kebakaran ini menyebabkan seluruh barang berharga, seperti motor, tv, kulkas, mesin cuci dll., ikut dilalap si jago merah.

“Alhamdulillah, bantuan sudah kami terima dan terima kasih atas perhatiannya. Kami sangat bersyukur, dan bantuan ini sangat berguna apalagi seluruh isi rumah ini ludes terbakar, tidak ada yang tersisa,” jelas Supriono.

Untuk kejadian, menurut Supriono kemungkinan terjadi pada waktu dinihari di saat seluruh warga masyarakat terlelap. Rumah ini dihuni oleh 4 orang, namun pada saat kejadian, Purbotani (54) sedang pergi ke pasar dan 3 orang lainnya terjebak di dalam rumah, Yogi (23), Supatmi (70), dan sang ibu Almh. Sujianti (48) yang menjadi tidak selamat/meninggal dunia.

Sedangkan, pada tempat kejadian kedua di Pepabri Lingkar Barat, Rasmawati (60) menuturkan, bantuan gubernur sungguh sangat membantu, sejumlah bahan pokok, beras, alat-alat dapur, material bangunan, hingga uang tunai sudah diterima dan akan dimanfaatkan dengan baik.

“Tentu senang, gubernur bisa langsung hadir ke sini dan perhatian kepada warganya,” tutur Ibu Rasmawati yang baru 100 hari ditinggalkan suaminya meninggal dunia.

Menurut Rasmawati, pada saat kejadian Minggu (23/6) subuh tersebut dirinya sedang tidak berada di rumah karena sedang menginap di rumah anaknya. Terkait kerugian, tidak bisa diungkapkan dirinya karena seluruh barang di rumahnya ludes dilalap si jago merah.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan tentu musibah ini menjadi duka yang sangat mendalam, dua rumah yang dikunjungi semua ludes terbakar tidak ada barang yang bisa diselamatkan.

“Tadi kita sampaikan bantuan dalam bentuk uang tunai, kemudian bahan bangunan termasuk bahan pangan pokok. Dan disampaikan bela sungkawa mendalam serta turut berdukacita, dan kita doakan sebab ada korban jiwa yang meninggal di sini,” ucap Gubernur Rohidin.

Lebih lanjut, ia meminta masyarakat untuk terus waspada agar kejadian ini tidak terus kembali terulang. Seperti dengan memeriksa jaringan instalasi listrik di sekitar rumah, apabila ada kerusakan atau kabel yang sudah tidak layak dapat segera laporkan ke PLN.

“Ayo kita lebih waspada, agar kejadian ini tidak kembali terjadi di daerah kita. Salah satunya dengan memeriksa instalasi jaringan listrik di rumah, cek secara berkala jika perlu lapor PLN,” tutup gubernur.

Pemerintah Provinsi Bengkulu menyalurkan bantuan di antaranya Bahan Bangunan, Makanan Siap Saji, Tenda, Bahan Pokok (beras, Indomie, susu, minyak goreng, dll,) peralatan dapur, paket makanan, matras, terpal, dan bantuan tunai senilai 3 juta rupiah (korban kebakaran Jl. Hibrida 13). [Dimas & Yusuf]

 

SEKBER MEDIA

Komentar