oleh

Penerima bantuan sosial sembako di Mukomuko berkurang

-Headline-14 views

METRO UPDATE.CO.ID—MUKOMUKO—Jumlah keluarga penerima manfaat bantuan sosial sembako (BSS) di Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu saat ini sebanyak 10.188 keluarga, berkurang dibandingkan sebelumnya 12.450 keluarga.

“Jumlah penerima BSS bulan Desember 2020 sebanyak 12.450 keluarga, lalu untuk bulan Februari 2021 berkurang menjadi sebanyak 10.188 keluarga. Penyebabnya karena data penerimanya diduga banyak yang tidak sepadan atau sesuai dengan data yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan untuk itu instansinya sekarang ini sedang menyepadankan data sebanyak 2.262 keluarga yang sebelumnya menerima bantuan sosial sembako kini tidak menerima bantuan tersebut kepada Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil setempat.

Dari sebanyak 2.262 keluarga yang tidak menerima manfaat bantuan sosial di daerah ini, ia mengatakan instansinya telah menyelesaikan atau memvalidkan data sebanyak 1.700 keluarga.

Selanjutnya instansinya masih menyepadankan data milik ribuan keluarga yang tidak valid seperti nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor setiap penerima bantuan sosial di basis data terpadu (BDT).

Ia memastikan setelah data milik sebanyak 2.262 keluarga di daerah ini sepadan atau sesuai dengan data di NIK dan BDT, maka mereka ini akan kembali menerima bantuan sosial sembako dari pemerintah pusat.

“Kami hanya untuk menyepadankan data keluarga yang sebelumnya menerima bantuan sosial sembako tersebut, setelah datanya sepadan, mereka akan kembali menerima bantuan sosial sembako dari pemerintah pusat,” ujarnya.

Seharusnya kegiatan penyepadankan data keluarga yang menerima manfaat bantuan sosial sembako tersebut telah berakhir tahun 2020, tetapi kegiatan ini diperpanjang dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Kementerian Sosial RI yang membuat kebijakan memperpanjang masa waktu untuk menyepadankan atau memvalidkan data keluarga penerima BSS tersebut.(antbkl/gus/rik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed