oleh

Peringatan Dini BMKG, Cuaca Buruk Wilayah Bengkulu

-Headline-62 views

METROUPDATE.CO.ID—BENGKULU-—Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Bengkulu, diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga lebat dalam tiga hari kedepan.

Termasuk juga potensi gelombang tinggi di perairan wilayah Bengkulu.

“Sejumlah wilayah di Bengkulu berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang dengan durasi singkat hingga 7 Maret mendatang,” ungkap Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Anang Anwar, dalam rilisnya.

Anang menjelaskan, cuaca buruk itu dipengaruhi adanya daerah belokan angin di wilayah Bengkulu, serta labilitas lokal kuat di wilayah di Bengkulu, sehingga dapat mendukung proses konvektif atau proses pertumbuhan awan hujan wilayah Bengkulu.

Untuk itu di himbau masyarakat agar selalu waspada akan potensi banjir, tanah longsor dan pohon tumbang.

“Masyarakat di minta waspada potensi banjir, tanah longsor dan angin kencang sesaat akibat hujan lebat atau hujan dengan durasi lama,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada Selasa, (2/3/2021) lalu warga Desa Sukarami, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah sempat dihebohkan dengan fenomena turunnya hujan es.

Anang menjelaskan, terjadinya hujan itu adanya aktivitas awan cumulonimbus, karena suhu puncak awan komulonimbus (Cb) mencapai -75°C. Dengan kondisi labilitas yang sangat kuat dan suhu puncak awan yang sangat rendah, mendorong terbentuknya butiran-butiran es di dalam awan.

Bahkan ukuran butiran es yang cukup besar, butiran es tersebut tidak punya cukup waktu untuk mencair dan terbawa jatuh ke permukaan bumi bersama hujan,” terangnya.

“Adanya fenomena hujan es merupakan cuaca alamiah yang biasa terjadi. Bahkan kejadian hujan lebat atau hujan es disertai kilat atau petir, dan angin kencang, berdurasi singkat lebih banyak terjadi pada masa transisi atau pancaroba musim, baik dari musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya,” tutupnya.(rribkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed