oleh

Puncak Peringatan Hari Palang Merah Sedunia PMI Bengkulu Banyak Terobosan

METRO UPDATE.CO.ID – BENGKULU – Dibawah kepemimpinan Drs.H Asnawi A Lamat dan sekretaris Joni Saputra, SP organisasi Kemanusiaan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bengkulu terus berbenah dan membuat berbagai terobosan. Berkaitan dengan puncak Peringatan Hari Palang Merah sedunia ke 159 Tahun 2022 PMI Provinsi Bengkulu menggelar berbagai program Pemerintah Pusat dengan kegiatan vaksin 150 orang masyarakat telah di vaksin di kantor PMI Jitra Kota Bengkulu Selasa 24 Mei 2022.

 Disampaikan ketua PMI provinsi Bengkulu Drs. H Asnawi A Lamat didampingi sekretaris Joni Saputra, SP bahwa sejarah panjang Palang Merah sedunia yang dipelopori Hendri Dunnan merupakan cikal bakal terbentuknya organisasi kemanusiaan di dunia dan di Indonesia dikenal dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mendedikasikan tugas-tugas kemanusiaan seperti bencana konflik maupun bencana-bencana alam yang terjadi ditengah masyarakat.

Berkaitan dengan Hari Palang Merah sedunia PMI provinsi Bengkulu baru saja menempati gedung baru tiga lantai di Kelurahan Pasar Baru Kota Bengkulu. diakui Asnawi dengan menempati gedung baru sebagai motivasi bagi dirinya bersama pengurus PMI Provinsi Bengkulu untuk berbuat lebih banyak dalam memberi layanan pada masyarakat luas. Layanan yang utama bagi PMI adalah dalam menyediakan penyediaan kebutuhan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. Ke depan PMI Bengkulu akan berupaya maksimal dalam penyediaan kebutuhan darah.

 Dengan cara menggalakkan kegiatan donor darah seperti bulan Ramadhan lalu setiap malam usai taraweh masyarakat diajak berdonor darah. “Alhamdulillah dalam satu bulan ramadhan terkumpul darah mencapai 90 kantong,” sampainya pada wartawan usai peringatan Hari Palang Merah sedunia di kantor PMI Provinsi Selasa(24/5). Usai ramadhan saat ini juga digiatkan pengumpulan donor darah di setiap Kabupaten dan darah yang terkumpul bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan masyarakat. selain itu terobosan PMI provinsi Bengkulu dengan berupaya menjadikan kantor PMI Bengkulu pada lantai satu sebagai ruang klinik untuk masyarakat berobat.

Pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan Dinkes Provinsi dan RSUD M pihaknya juga dalam pengurusan perizinan dan saat ini dalam proses. Saat ini sudah disiapkan tiga orang dokter, tenaga medis dan sejumlah fasilitas kesehatan sudah disiapkan. Untuk lantai tiga direncanakan untuk ruangan pendidikan dan latihan (Diklat) sebab itu ia mengajak untuk disukseskan. Ditambahkan Joni Saputra bahwa baru gedung yang merupakan bantuan Pemprov Bengkulu akan difungsikan untuk perkantoran PMI Provinsi Bengkulu, lantai dua dan tiga untuk pendidikan dan latihan sebagai uji kompetensi.

Sedangkan lantai satu untuk kegiatan klinik PMI dengan pelayanan BPJS. PMI juga berupaya menyiapkan alat transfusi darah di sejumlah Kabupaten untuk memenuhi kebutuhan darah di provinsi Bengkulu yang pertahunnya mencapai 23 ribu kantong dan “Alhamdulillah bisa dipenuhi PMI,”. Dalam masa pandemi PMI juga melakukan penyemprotan disinfectan hampir 800 ribu penerima manfaat dan vaksinasi warga mencapai 51 ribu orang.” katanya. (Gus)

Komentar