oleh

PWI: Wartawan diminta terus tingkatkan kompetensi

-Headline-59 views

METRO UPDATE.CO.ID–REJANG LEBONG–Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Bengkulu meminta kalangan wartawan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong untuk terus belajar guna meningkatkan kompetensi atau kemampuan dalam dunia jurnalistik.

Ketua PWI Provinsi Bengkulu Zacki Antony saat mengukuhkan kepengurusan PWI Kabupaten Rejang Lebong periode 2021-2024 di Rejang Lebong, Selasa, mengatakan saat ini kemajuan jaman membuat perkembangan dunia jurnalistik di Tanah Air berkembang pesat dengan bermunculannya media berbasis internet atau siber namun tidak diimbangi dengan kemampuan SDM.

“Wartawan Indonesia diminta untuk terus mengasah kemampuannya guna meningkatkan kompetensi, karena wartawan sekarang sudah ada sertifikasinya yang dilaksanakan melalui Uji Kompetensi Wartawan atau UKW, jadi bukan hanya guru saja yang punya sertifikasi tetapi wartawan juga punya,” kata dia.

Dia mengatakan, dengan mengikuti UKW mulai dari jenjang muda, madya dan utama maka kemampuan seseorang yang mengaku menyandang profesi akan berbeda dan memiliki kelebihan dari wartawan lainnya serta selalu mempedomani kode etik jurnalistik dalam menjalankan tugasnya.

Dengan mengikuti UKW dan berpedoman kepada kode etik jurnalistik, kata dia, maka kasus adanya oknum-oknum yang mengatasnamakan profesi sebagai wartawan yang ditangkap parat penegak hukum lantaran terlibat perbuatan kriminal seperti pemerasan tidak akan terjadi lagi.

“Saya ikut prihatin dengan adanya beberapa oknum wartawan yang terjaring OTT di wilayah Provinsi Bengkulu lantaran terlibat dalam tindakan pemerasan dan lainnya, baru-baru ini terjadi di Kepahiang tiga orang dan sebelumnya juga ada dua orang,” terangnya.

Sementara itu terkait dengan kepengurusan PWI Kabupaten Rejang Lebong periode 2021-2024 yang baru saja dikukuhnya diharapkan untuk segera melakukan konsolidasi kepada seluruh anggota serta menyusun program kerja yang akan dilakukan selama tiga tahun kedepan.

Program kerja yang akan disusun nantinya diharapkan berkaitan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) kewartawanan, seperti pelatihan jurnalistik, diklat, pelatihan bahasa.

Selain itu dia, juga berpesan pengurus PWI Rejang Lebong agar merangkul seluruh wartawan di daerah itu, kemudian membina kekompakkan, membangun sinergi dan kebersamaan, jika ada satu wartawan yang sakit maka seluruhnya merasakan.

Sebelumnya dalam Konferensi Kabupaten (Kenferkab) ke-V kepengurusan PWI Kabupaten Rejang Lebong yang dilaksanakan 25 Januari lalu terpilih sebagai ketua Nur Muhammad dari LKBN ANTARA, Sekretaris Wanda Pebrianda dari Harian Rakyat Bengkulu dan Bendahara Ari Apriko dari (Antbkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed