oleh

Sempat Terkendala, Vaksinasi di Enggano Telah Terlaksana

-Headline-71 views

METROUPDATE.CO.ID–BENGKULU—-Setelah sebelumnya sempat terkendala peralatan, namun vaksinasi Covid 19 untuk tenaga kesehatan (nakes) di Pulau Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, saat ini sudah mulai dilaksanakan.

Kepala Puskesmas Enggano, Salpina saat dihubungi via ponsel mengatakan, sejauh ini vaksin Sinovac yang di bawa ke Enggano menggunakan pesawat udara itu, sudah diberikan kepada 33 orang.

Dari 33 orang tersebut rinciannya sebanyak 28 merupakan nakes yang 18 orang merupakan nakes di Puskesmas dan 10 orang lagi nakes Rumah Sakit Enggano. Kemudian juga, 2 orang personil Polri di Polsek Enggano, 2 orang petugas Kecamatan Enggano, dan 1 orang TNI di Koramil Enggano.

“Sasaran vaksinasi di Pulau Enggano sebenarnya terdapat 48 sasaran. Tetapi dari 33 dosis vaksin Sinovac yang dikirim, hanya 28 nakes yang memenuhi syarat untuk divaksin setelah dilakukan skrining, sehingga sisa 5 dosis lagi, lantaran vaksin itu tidak boleh tersisa, diberikan kepada TNI/Polri dan petugas kantor camat setempat,” terangnya pada Jumat, (26/2/2021).

Lebih jauh ia mengakui, proses vaksinasi untuk Enggano ini memang terhambat, lantaran jarak tempuh yang jauh, sehingga vaksin harus dikirim lewat jalur udara.

Bahkan ketika vaksin Sinovac tiba di bandar udara Enggano pada Kamis, (25/2/2021) siang, diakui, pihaknya langsung mengganti Cool Pack, yang tujuannya agar suhu vaksin tetap terjaga sesuai standarnya.

Sedangkan untuk petugas vaksinator sendiri berasal dari Puskesmas Enggano, yang jumlahnya sebanyak 4 orang.

Sementara untuk vaksinasi dosis 2, ditambahkan, pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan memberikan kabar.

“Memang rentan waktu pemberian vaksin dosis ke dua ini selama 14 hari sejak disuntikan kepada sasaran. Jadi kita tunggu saja,” pungkasnya.(rribkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed