oleh

Sempat Viral,Foto pantai pasir pink di Teluk Sepang Bengkulu,Ternyata Editan.

-Headline-174 views

METRO UPDATE.CO.ID—BENGKULU—Sempat membuat heboh ada kejadian alam dibengkulu tentang Unggahan foto pantai berpasir warna pink yang disebut berlokasi di Kelurahan Teluk Sepang, Bengkulu yang viral beberapa waktu lalu ternyata hanya foto hasil editan. 

“Menurut kami yang telah melihat langsung di lokasi, bahwa kabar tersebut harus diklarifikasi kembali karena kami melihat langsung tidak ada pasir warna pink atau warna-warna lainnya,” kata salah satu pengunjung Pantai Teluk Sepang, Agus Thaifur di Bengkulu, Kamis. 

Ia menambahkan bahwa informasi beredar yang menyebutkan jika pasir di Teluk Sepang berwarna pink tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. 

Oleh karena itu ia meminta agar masyarakat tidak mempercayai informasi yang beredar di media sosial itu.

“Kemudian oknum yang tidak bertanggung jawab terkait informasi yang disampaikan,” ujarnya. 

Hal itu katanya pula dapat merusak nama Provinsi Bengkulu karena informasi tersebut akan membuat pengunjung datang ke lokasi untuk melihat pasir pink namun ternyata tidak ada sehingga membuat malu Bengkulu.

Sementara fotografer Antara Biro Bengkulu, David Muharmansyah menjelaskan bahwa foto yang beredar tersebut telah mengalami perubahan atau editing. 

“Untuk mengetahui foto tersebut editan atau tidak kita harus observasi ke lokasi tersebut, jika tidak sesuai dengan faktanya maka foto tersebut telah mengalami perubahan warna atau editing,” katanya.

Menurut David, saat in banyak fasilitas editing yang sifatnya otomatis yang dapat merubah komponen gambar. 

Lanjut David, bisa jadi juga perubahan warna tersebut didasari oleh intensitas cahaya saat pengambilan gambar seperti cahaya di siang hari dan sore hari menghasilkan tone atau warna yang berbeda jadi ketika dilakukan editing hasilnya tidak seperti warna asli. 

Saat dikonfirmasi pemilik foto tersebut yaitu Muhammad Fikri Akbar masih belum memberikan tanggapannya.(antbkl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed