oleh

Situng Bengkulu 100 persen, KPU: Tetap Dimungkinkan Ada Koreksi

METRO UPDATE.CO.ID.—JAKARTA  –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) terus mengupdate perolehan suara melalui sistem hitung (situng) pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Namun, masyarakat tetap diminta mencermati jika ada kesalahan.

Penghitungan real count dapat dilihat dalam website resmi KPU yaitu kpu.go.id, yang akan memperlihatkan perolehan suara masing-masing kandidat. Saat ini, Provinsi Bengkulu telah 100 persen dilakukan penghitungan suara.

Hasilnya, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno unggul tipis dari Jokowi-Ma’ruf Amin hanya terpaut 2.957 suara. Prabowo-Sandi mendapat 585.521 suara sedangkan Jokowi-Ma’ruf 582.564 suara.

Namun untuk tingkat nasional, sementara Jokowi-Ma’ruf masih unggul dengan perolehan suara 56,34 persen sedangkan Prabowo-Sandi 43,66 persen berdasarkan data update 27 April 2019 pukul 09.45.04 dengan data yang masuk 41,3 persen atau 336.307 TPS dari total 813.350 TPS.

Komisioner KPU, Wahyu Setiawan, mengatakan, meski data telah 100 persen namun masyarakat tetap diminta mencermati data yang telah masuk di situng KPU karena masih ada kemungkinan di koreksi jika ditemukan kesalahan entry data.

“Ya tetap dimungkinkan, ada koreksi. Dipersilahkan masyarakat mencermati dan melaporkan jika ada kekeliruan entri,” kata Wahyu dikonfirmasi, Sabtu (27/4/2019).

Selain itu, Wahyu kembali menegaskan bahwa situng bukan hasil resmi dari KPU melainkan alat kontrol masyarakat. Hasil resmi tetap merujuk pada penghitungan berjenjang atau manual tingkat nasional.

“Situng bukan hasil resmi pemilu. Hasil resmi pemilu melalui mekanisme manual berjenjang,” ucap Wahyu.

Dia menambahkan, meski hasil entry data satu daerah telah 100 persen, namun masyarakat tetap diminta menunggu hasil rekapitulasi berjenjang dari KPU yang lebih valid. “Data rekap nasional itu berdasarkan data dari kecamatan, kabupaten/kota, dan provinsi. Bukan dari data situng,” tandas dia. (yendhi/mb)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed