Syamsul Effendy Ungkap Pelayanan Publik Digitalisasi Sudah Dilakukan, Disaat Yang Lain Baru Merencanakan

METRO UPDATE Rejang Lebong – Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Rejang Lebong, Syamsul Effendi dan Juhendra Siregar menegaskan komitmennya untuk meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan teknologi digital. Hal tersebut, disampaikan Syamsul ketika menanggapi pertanyaan terkait peningkatan pelayanan publik dengan memanfaatkan digitalisasi, dalam acara debat publik yang berlangsung di Grage Hotel Bengkulu, Minggu (10/11),

Di era digitalisasi saat ni, menurut Syamsul, pelayanan publik yang efektif dan efisien, serta penerapan good governance, menjadi keharusan.

Selama masa pemerintahannya, Syamsul mengungkapkan, bahwasanya Rejang Lebong sudah berhasil membangun dua tower komunikasi yang mendukung akses teknologi di daerah tersebut.

“Dimasa pemerintahan kami, Rejang Lebong sudah membangun dua tower, satu tower di bangun di Tebat Pulau dan satu lagi di Taba Bingin Baru. Artinya, kedua desa tersebut kini sudah bisa memanfaatkan teknologi digital,” Ungkap Syamsul

Meskipun masih ada desa yang belum terjangkau oleh jaringan tower, mereka sudah menyiapkan alternatif solusi.

“Kalau pun di antara 122 desa tidak terjangkau frekuensi atau tower tersebut, kami sudah punya kajian dan solusi, salah satunya menggunakan teknologi Starlink yang bisa langsung terhubung ke satelit tanpa memerlukan tower,” ujarnya.

Ia berharap solusi tersebut dapat menjawab kekhawatiran dari pasangan calon lainnya yang meragukan kemampuan pemerintah dalam meningkatkan pelayanan digital, seperti pengurusan KTP online.

Syamsul menambahkan, saat ini KTP sudah dapat diproses secara online, berkat adanya Unit Pelayanan Satu Atap yang memiliki 22 gerai untuk melayani berbagai bidang secara langsung.

“Pelayanan KTP atau perizinan kini bisa dilakukan dari rumah. Kami sudah menganggarkan dana sebesar 33,6 juta untuk pembangunan pos-pos pelayanan di kecamatan-kecamatan. Dengan ini, pembuatan KTP dapat diselesaikan dalam beberapa hari saja,” ujar Syamsul.

Dengan komitmen tersebut, Syamsul berharap bahwa pelayanan publik di Rejang Lebong akan semakin modern dan mudah diakses oleh seluruh masyarakat, serta meningkatkan kualitas good governance di daerah tersebut.(Url)

Komentar