oleh

Tak ada mobil nasional, tapi Indonesia juga punya produk membanggakan!

METROUPDATE.CO.ID- Impian masyarakat Indonesia memiliki mobil nasional tak kunjung terwujud. Sampai sekarang, Indonesia belum memiliki industri otomotif seperti mobil. Banyak mobil yang berada di jalanan Indonesia adalah pabrikan dari negara-negara lain seperti Jepang, Amerika, Eropa dan China.

Namun, meski tak produksi mobil sendiri ada beberapa industri lain hasil buatan Indonesia yang patut dibanggakan. Bahkan negara lain tak mampu meniru Indonesia dan justru banyak membeli hasil produksi dari Indonesia.

Apa saja itu? Berikut ulasannya:


1. Indonesia bisa buat pesawat terbang

Lewat PT Dirgantara Indonesia, masyarakat Indonesia patut berbangga. Di sanalah dibuat pesawat-pesawat terbang buatan anak bangsa yang laku keras. Bahkan banyak negara-negara di dunia antre ingin membeli pesawat buatan Indonesia.

PT Dirgantara Indonesia merupakan industri pesawat terbang satu-satunya di Indonesia dan di wilayah Asia Tenggara. Sejak berdiri pada 23 August 1976, PT Dirgantara Indonesia telah banyak memproduksi beberapa tipe pesawat terbang, seluruhnya diproduksi di dalam negeri. Salah satu produksi yang paling sukses dan pernah dibuat perusahaan ini adalah CN-235, setelah diperkenalkan pada 1 Maret 1988, belasan negara telah membeli pesawat ini.


2. Bikin Helikopter

Selain pesawat terbang, PT Dirgantara Indonesia juga memproduksi helikopter. Peminatnya tak hanya dalam negeri, tapi juga mancanegara, termasuk Jepang. Contohnya memproduksi Helikopter jenis EC-725 dan EC-225.

Bahkan, banyak kepala negara negara-negara lain seperti Jepang, Turki, Spanyol, Prancis dan Korea Selatan pernah naik helikopter buatan Indonesia.

Helikopter buatan Indonesia dinilai lebih modern dan memiliki daya angkut yang baik. Banggakan?


3. Gerbong kereta api

Produk lain yang menjadi kebanggaan Indonesia ialah gerbong kereta. Melalui PT Industri Kereta Api Indonesia/INKA (Persero), anak-anak bangsa berhasil memproduksi gerbong kereta.

Karya ini tak luput dari pengakuan negara-negara lain. Seperti Bangladesh, menjadi salah satu negara yang menjadi pelanggan INKA. Negara itu kerap memesan kereta buatan Indonesia.

(Sumber : merdeka.com)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed