oleh

Bagaimana Peluang Rosjhonsyah Saili di Pilkada Provinsi Bengkulu 2020? Ini Kata Tokoh Masyarakat

METRO UPDATE.CO.ID.—BENGKULU—Kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Bengkulu memang baru akan digelar pada tahun 2020 mendatang. Namun, keriuhan Pilkada Provinsi Bengkulu sudah terasa sejak Bupati Lebong Rosjhonsyah Saili ditawarkan untuk maju di Pilkada Provinsi Bengkulu Keinginan memboyong Rosjhonsyah Saili ke ibu kota Provinsi Bengkulu itu muncul setelah tokoh Masyarakat Pekal Jamhari  dan Kaur Widi Harto menyatakan keinginannya agar Rosjhonsyah Sali pindah ke Provinsi Bengkulu. Hal itu disampaikan Jamhari sesepuh Masyarakat Pekal melakukan studi banding keberbagai daerah kabupaten yang ada diprovinsi Bengkulu yang ada.

Ia secara terang-terangan ingin memboyong Rosjhonsyah Saili lantaran menilai Rosjhonsyah Saili sebagai sosok pemimpin yang berhasil mengelola Kabupaten Lebong dengan baik. Jamhari mengatakan, masalah tata ruang provinsi Bengkulu dan menatanya akan lebih indah lagi serta keberadaan sampah akan segera selesai jika Rosjhonsyah Saili pindah ke Provinsi Bengkulu. “Apakah Pak Rosjhonsyah mau kami boyong ke Provinsi Bengkulu dalam waktu dekat? Masalah tata ruang dan pariwisata serta sampah ini bisa terselesaikan kalau di pilkada yang akan datang pak Rosjhonsyah pindah ke Provinsi Bengkulu,” kata Jamhari,. Rosjhonsyah saat ditemui tim METRO UPDATE Beberapa lalu dikantor Bupati Lebong hanya menanggapinya santai dan menyampaikan bahwa Pilkada Provinsi Bengkulu Masih Banyak Tahapan yang harus kita lalui dulu “Belum tahu,ini bagai mana peta politik saat ini yang akan terjadi karna banyak kemungkinan dalam pilkada gubernur Bengkulu Mendatang.,” kata Rosjhonsyah sambil tersenyum.

Kejutan bagi warga Provinsi Bengkulu

Direktur Jakarta Survei Center (SJC) F Harianto yang juga sebagai pengusaha Sukses Dibidang Kontruksi diwilayah Jabodetabek ini mengatakan, munculnya nama Rosjhonsyah Saili dalam bursa bakal calon gubernur Provinsi Bengkulu Mendatang adalah sesuatu yang menarik. Apabila Rosjhonsyah Saili benar akan maju di Pilkada Provinsi Bengkulu 2020 mendatang, kata F.Harianto, itu akan memberikan alternatif sekaligus kejutan bagi warga Provinsi Bengkulu. “Karena ini akan melahirkan kompetisi politik yang liat, cerdas dan visioner di Pilkada Provinsi Bengkulu 2020. Jika benar Rosjhonyah Saili running, bisa saja Rosjhonyah Saili membuat kejutan yang akan sulit dibendung,” kata F.harianto, Rabu (31/11/2019). Menurut F.Harianto, pemilih di ibukota Provinsi Bengkulu relatif lebih rasional dan memiliki kecenderungan untuk melihat track record dan kinerja kandidat sebagai pertimbangan utama.contoh Rosjhonyah Sali Mampu Merubah Kabupaten Lebong menjadi Kota yang sejuk,agamais,serta pariwisatanya maju sekali,keberdaan arung jeram menjadi primadona kabupaten Lebong,serta tata ruang kota pun Nampak sekali perubahanya,dan tidak ketinggalan adanya ruang control CCTV yang terpasang hingga 16 titik yang ada,jadi bisa dipantau melalui teknologi sunguh luar biasa dalan hal teknologi,dan pembagunan pasar modern saat ini menjadi icon kota lebong yang saat ini masuk pada tahab dua.

Karena itu, ia menyebut Rosjhonyash Saili punya kans untuk melenggang ke ibu kota Provinsi Bengkulu karena telah dianggap sukses membangun dan mengelola Kabupaten Lebong. “Rosjhonsyah punya nilai plus sebagai pekerja keras dan lugas. Kadang tanpa kompromi untuk hal-hal yang kritis, itu diperlukan untuk Provinsi Bengkulu. Track record-nya pun sejauh ini cukup bagus dan diakui oleh berbagai kalangan dalam berbagai hal,” kata F.Harianto. Meski demikian, keberhasilan Rosjhonsyah Saili di Lebong bukan menjadi satu-satunya penentu untuk bisa menjawab berbagai persoalan di Provinsi Bengkulu sebagai Provinsi yang saat ini sedang giat Membagun  . Menurut dia, Provinsi Bengkulu sangat berbeda dengan dengan Provinsi Lainya Bengkulu banyak tantangan yang lebih kompleks daripada provinsi lainya


Tapi, Rosjhonsyah Saili tetap dinilai punya modal awal karena menguasai tata kelola kota dan pengelolaan lingkungan yang baik. Apalagi,provinsi Bengkulu memiliki persoalan di bidang tata kelola kota dan lingkungan. “Pemimpin dengan tipikal pekerja keras, lugas, bervisi lingkungan dan equal dalam layanan publik, cocok untuk kebutuhan provinsi Bengkulu. Setidakya Rosjhonsyah Saili relatif menonjol dalam penanganan lingkungan, tentu amat dibutuhkan provinsi Bengkulu,” ujar dia.

Tantangan politik identitas di provinsi Bengkulu Sementara itu, Pakar Komunikasi Politik Universitas Bengkulu ( Unib)Bengkulu Lamhir Samsinaga menyampaikan, selain masalah lingkungan, ada sejumlah permasalahan besar lainnya yang harus dihadapi Rosjhonsyah Saili jika ingin maju di Pilkada Provinsi Bengkulu .Salah satunya yakni sekat polarisasi politik atau derasnya politik identitas.

Namun, Lamhir Samsinaga, gaya, karakter, dan kepemimpinan Rosjhonsyah Saili yang orisinal dan tegas akan menyambung sekat polarisasi politik identitas yang terjadi selama ini. “Rosjhonsyah itu punya orisinalitas dalam gaya kepemimpinannya. Ia punya komunikasi asertif yang cocok untuk warga Provinsi Bengkulu menuju kota metropolis. Karakternya yang unik, mampu menjaga jarak politik dan blak-blakkan bisa menyambung sekat polarisasi identitas pemilih Provinsi Bengkului selama ini,” ucap Lamhir demikian insa allah terwujud (Tomi).


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed